HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN KADAR ASAM URAT PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA DESA SUKOREJO KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK

Record Detail

SKRIPSI 2019

HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN KADAR ASAM URAT PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA DESA SUKOREJO KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK

File Attachment

LOADING LIST...

Peningkatan asam urat pada lansia dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Banyak lansia di Indonesia yang tidak menjaga pola makannya dengan baik dan mereka cenderung mengkomsumsi makanan yang tinggi purin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dengan kadar asam urat pada lansia di Posyandu Lansia Desa Sukorejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.
Desain penelitian ini adalah corelation study dengan pendekatan retrospektif. Penelitian dilaksanakan pada tangal 27-28 Mei 2019 di Posyandu Lansia Desa Sukorejo. Populasinya adalah seluruh lansia di Posyandu Lansia Desa Sukorejo sebanyak 62 lansia. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh besar sampel sebanyak 50 responden. Variabel independen adalah pola makan dan variabel dependen adalah kadar asam urat. Instrumen untuk pola makan menggunakan lembar kuesioner, sedangkan untuk kadar asam urat menggunakan alat cek asam urat. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank dengan ? = 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 responden lansia di Posyandu Lansia Desa Sukorejo, diketahui sebagian besar memiliki pola makan pada kategori kurang, yaitu sebanyak 28 responden (56%). Dari 50 responden lansia di Posyandu Lansia Desa Sukorejo, diketahui hampir seluruhnya memiliki kadar asam urat pada kategori tinggi, yaitu sebanyak 38 responden (76%). Hasil uji korelasi Spearman Rank menunjukkan p-value 0,000 ? ? (0,05), sehingga Ha diterima atau H0 ditolak, artinya ada hubungan pola makan dengan kadar asam urat di Posyandu Lansia Desa Sukorejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,720 menunjukkan keeratan hubungan yang kuat dan arah hubungan negatif.
Bagi tenaga kesehatan di posyandu agar memberikan sosialisasi pola diet yang baik bagi para lansia penderita asam urat, agar kadar asam urat dapat diturunkan ke level normal dan kekambuhan nyeri asam urat dapat dicegah.

Kata Kunci : Pola Makan, Kadar Asam Urat, Lansia.


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
2,02E+11
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Departement
Copyright
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous