PENGARUH BUTEYKO BREATHING EXERCISE TERHADAP ASMA CONTROL PADA PASIEN ASMA DI POLI PARU RSUD NGANJUK

Record Detail

SKRIPSI 2019

PENGARUH BUTEYKO BREATHING EXERCISE TERHADAP ASMA CONTROL PADA PASIEN ASMA DI POLI PARU RSUD NGANJUK

File Attachment

LOADING LIST...

Asma merupakan penyakit yang dapat dikendalikan. Penderita asma masih dapat hidup produktif jika dapat mengendalikan asmanya. Asma dapat dikendalikan dengan pengelolaan secara lengkap, tidak hanya farmakologis tetapi juga non-farmakologis dengan mengontrol gejala asma. Buteyko breathing exercise digunakan untuk mengontrol gejala asma agar tetap terkontrol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh buteyko breathing exercise terhadap asma control pada pasien asma di Poli Paru RSUD Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan desain Pra-eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test design, dilakukan pada tanggal 22 April ? 13 Mei 2019. Jumlah populasi penderita sebanyak 15 responden, tehnik sampling menggunakan Accidental Sampling dengan sampel yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 13 responden. Variabel independen adalah buteyko breathing exercise menggunakan alat ukur SOP dan variabel dependen adalah asma control menggumakam alat ukur kuesioner Asthma Control Test (ACT). Analisa data dengan uji statistic Wilcoxon Signed Ranks Test dengan taraf signifikasi ? = 0,05.
Hasil penelitian dari 13 responden sebelum diberikan buteyko breathing exercise hampir setengahnya mengalami asma yang tidak terkontrol yaitu, 8 responden (61,5%). Setelah diberikan buteyko breathing exercise setengahnya mengalami asma yang terkontrol total yaitu, 8 responden (61,6%). Hasil uji statistic Wilcoxon Singed Ranks menunjukkan ? value = 0,008 ? ?=0,05 sehingga Ha diterima. Buteyko breathing exercise berpengaruh terhadap asma control pada pasien asma di poli paru RSUD Nganjuk.
Buteyko breathing exercise membantu penyeimbang kadar karbondioksida dalam darah sehingga pergeseran kurva disosiasi oksihemoglobin yang menghambat kelancaran oksigenasi menurunkan kejadian hipoksia. Diharapkan buteyko breathing exercise dapat dijadikan sebagai program rehabilitasi di poli paru, dilakukan setiap kontrol rutin agar asma tetap terkontrol.
Kata Kunci: Buteyko Breathing Exercise, Asma Control, Pasien Asma


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
2,02E+11
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous