HUBUNGAN PEMBERIAN MUSIK LULLABY DENGAN KUALITAS TIDUR BAYI USIA 4-8 BULAN DI POSYANDU DUSUN SAMBIKEREP KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK

Record Detail

SKRIPSI 2019

HUBUNGAN PEMBERIAN MUSIK LULLABY DENGAN KUALITAS TIDUR BAYI USIA 4-8 BULAN DI POSYANDU DUSUN SAMBIKEREP KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK

File Attachment

LOADING LIST...

Bayi usia 4-8 suka terbangun ditengah malam hanya ingin berlatih dan cenderung rewel dan menjadikan kualitas tidur bayi terganggu. Salah satu cara mempertahankan kualitas tidur bayi adalah dengan memberikan musik lullaby. Tujuan mengetahui hubungan pemberian musik lullaby dengan kualitas tidur bayi usia 4-8 bulan di posyandu Dusun Sambikerep Kecamatan Tanjunganom.
Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kohort. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2019 di Posyandu Dusun Sambikerep. Populasi pada penelitian ini adalah bayi di Posyandu Dusun Sambikerep sebanyak 37 bayi, tehnik sampling menggunakan purposive sampling, sampel sebanyak 28 bayi. Variabel independen pemberian musik lullaby pengumpulan data menggunakan kuesioner dan variabel dependen kualitas tidur bayi pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dan analisa menggunakan Spearman Rank dengan ? = 0,05.
Hasil penelitian dari 28 bayi, hampir seluruh ibu yaitu sebanyak 25 bayi (89,3%) memberikan musik lullaby pada bayinya dan sebagian besar yaitu 17 bayi (61%) memiliki kualitas tidur baik. Hasil uji Spearman Rank menunjukkan p- value = 0,001 ? ? = 0,05 sehingga H1 diterima. Ada hubungan pemberian musik lullaby dengan kualitas tidur bayi usia 4-8 bulan di Posyandu Dusun Sambikerep dan r = 0,607 sehingga tingkat keeratan hubungan kuat.
Diharapkan kepada ibu terus memberikan musik lullaby secara rutin dan benar sesuai prosedur yang telah diajarkan, tanpa mengabaikan kebiasaan yang biasa dilakukan ibu untuk menidurkan bayinya sampai didapatkan kualitas tidur bayi usia 4-8 bulan yang baik.


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
2,02E+11
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Departement
Copyright
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous