PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DIET HIPERTENSI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN DIET HIPERTENSI PADA LANSIA DI PUSKESMAS PEMBANTU KAPAS SUKOMORO KABUPATEN NGANJUK

Record Detail

SKRIPSI 2019

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DIET HIPERTENSI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN DIET HIPERTENSI PADA LANSIA DI PUSKESMAS PEMBANTU KAPAS SUKOMORO KABUPATEN NGANJUK

File Attachment

LOADING LIST...

Semakin tinggi pengetahuan penderita maka akan baik pula tingkat pemahaman tentang kepatuhan diet pasien hipertensi yang akhirnya akan berpengaruh pada kepatuhan diet pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang diet hipertensi terhadap tingkat kepatuhan diet hipertensi pada lansia di Pustu Kapas Sukomoro Kabupaten Nganjuk.
Desain penelitian ini adalah pra eksperimen dengan pendekatan One Group Pre-Post Test. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 dan 22 Juli 2019 Pustu Kapas Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia hipertensi di Pustu Kapas Sukomoro Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 35 lansia. Sampel diambil dengan teknik Accidental sampling, besar sampel sebanyak 22 orang. Variabel independennya Pendidikan Kesehatan tentang diet hipertensi sedangkan variabel dependennya tingkat kepatuhan diet hipertensi. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner pada kedua variabel. Analisa data menggunakan Wilcoxon dengan ? = 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 responden, 22 responden. Sebagian besar yaitu 15 responden (68%) memiliki ketidakpatuhan sebelum diberi pendidikan kesehatan dan Setengah yaitu 11 responden (50%) memiliki cukup patuh sesudah diberi pendidikan kesehatan. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan p-value = 0,046 ( p-value ? ?), sehingga Ha diterima.
Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang diet hipertensi terhadap tingkat kepatuhan diet hipertensi pada lansia di Pustu Kapas Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Lansia disarankan untuk lebih menggali informasi tentang diet hipertensi baik melalui buku kesehatan, media massa maupun tim kesehatan.

Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Tingkat Kepatuhan Diet Hipertensi, Hipertensi Pada Lansia


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
2,02E+11
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous