HUBUNGAN EFEK SAMPING OBAT ANTI TUBERKULOSIS DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS PRAMBON KABUPATEN NGANJUK)

Record Detail

SKRIPSI 2019

HUBUNGAN EFEK SAMPING OBAT ANTI TUBERKULOSIS DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS PRAMBON KABUPATEN NGANJUK)

File Attachment

LOADING LIST...

Tuberkulosis dapat sembuh total apabila patuh terhadap pengobatan. Ketidakpatuhan terjadi apabila melalaikan kewajiban berobat salah satunya akibat dari efek samping obat. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan efek samping obat anti tuberkulosis (OAT) dengan kepatuhan minum obat anti tuberkulosis pada penderita tuberkulosis paru di Puskesmas Prambon Kabupaten Nganjuk.
Desain penelitian menggunakan corelations dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 April dan 2 Mei 2019. Populasi dalam penelitian ini penderita tuberkulosis paru berjumlah 45 penderita. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 penderita. Variabel independen adalah efek samping obat anti tuberkulosis (OAT), dan variabel dependen adalah kepatuhan minum obat anti tuberkulosis. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner. Analisa data menggunakan Coefficient Contigency dengan ? = 0,05.
Hasil penelitian dari 30 penderita hampir seluruhnya sebanyak 25 responden (83,3%) memiliki efek samping obat anti tuberkulosis (OAT) berat, dan hampir seluruhnya sebanyak 23 responden (76,7%) penderita tuberkulosis patuh minum obat anti tuberkulosis. Hasil uji korelasi Coefficient Contigency didapatkan p value = 0,024 ? ? = 0,05, berarti Ha diterima. Sehingga disimpulkan ada hubungan antara efek samping obat (OAT) dengan kepatuhan minum obat anti tuberkulosis pada penderita tuberkulosis paru di Puskesmas Prambon Kabupaten Nganjuk.
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan pengobatan penderita TB Paru yaitu melakukan perawatan waktu sakit, pemberian farmakoterapi, termasuk di dalamnya edukasi tentang efek samping Obat Anti Tuberkulosis (OAT) dan tentang pentingnya menyelesaikan setiap tahapan pengobatan.



Kata Kunci : Efek Samping, Kepatuhan , Penderita TB Paru


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
2,02E+11
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous