PENGARUH OKSITOSIN MASSAGE TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS DI DESA KEPANJEN KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK

Record Detail

SKRIPSI 2019

PENGARUH OKSITOSIN MASSAGE TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS DI DESA KEPANJEN KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK

File Attachment

LOADING LIST...

Penurunan produksi ASI setelah melahirkan dapat disebabkan oleh kurangnya rangsangan hormon prolaktin dan hormon oksitosin yang sangat berperan dalam kelancaran produksi ASI. Salah satu pijat yang bisa melancarkan produksi ASI yaitu oksitosin massage. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh oksitosin massage terhadap produksi ASI pada Ibu Nifas di Desa Kepanjen Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimen dengan pendekatan One Group Pre-Post Test Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 - 22 Juli 2019 di di Desa Kepanjen Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Populasi penelitian dan sampel yaitu 12 responden dengan teknik total sampling. Variabel independen oksitosin massage dan variabel dependen produksi ASI. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisa data menggunakan uji McNemar dengan ? = (0,05).
Hasil penelitian dari 12 responden, sebelum diberi oksitosin massage hampir seluruh responden yaitu 10 responden produksi ASI tidak lancar (83,3%), sedangkan produksi ASI sesudah diberikan oksitosin massage hampir seluruh responden yaitu 11 responden produksi ASI lancar (91,7%). Hasil uji Mc Nemar didapatkan pvalue = 0,004 ? ? = (0,05), sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh oksitosin massage terhadap produksi ASI pada Ibu Nifas di Desa Kepanjen Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk.
Oksitosin massage terbukti sebagai upaya yang bisa dilakukan untuk melancarkan produksi ASI, sehingga pemberian oksitosin massage perlu diterapkan oleh pihak bidan/rumah sakit.

Kata Kunci: Oksitosin Massage, Produksi ASI, Ibu Nifas


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
2,02E+11
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous