HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN MEMBACA PADA ANAK USIA 7-8 TAHUN DI MADRASAH IBTIDAIAH BANI RIDWAN WINONGSARI KULON KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI

Record Detail

SKRIPSI 2019

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN MEMBACA PADA ANAK USIA 7-8 TAHUN DI MADRASAH IBTIDAIAH BANI RIDWAN WINONGSARI KULON KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI

File Attachment

LOADING LIST...

Membaca adalah suatu proses perkembangan bahasa yang meliputi proses recording. Pengalaman literasi selama mereka berada di usia pra sekolah di yakini akan membentuk fondasi yang kuat pada perkembangan membacanya, kenyataanya masih ada beberapa anak usia sekolah yang membacanya masih di eja atau terbata-bata. Keterlibatan orang tua dalam proses pengembangan literasi anaknya, memberikan kontribusi besar pada perolehan prestasi keaksaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Membaca Pada Anak.
Penelitian ini termasuk analitik korelasional, dengan menggunakan penelitian retrospectif, yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2019 di Madrasah Ibtidaiah Bani Ridwan Winongsari Kulon Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas 1 dan 2 sebanyak 10 anak, sampling yang digunakan total sampling. Variabel independent penelitian ini adalah Pola Asuh Orang Tua, sedangkan variabel dependent adalah Perkembangan Membaca. Analisa data dengan uji statistik contingency coefficient dengan ? = 0,05 di bantu software SPSS for windows versi 23.
Hasil penelitiaan menunjukan bahwa setengah yaitu 5 responden (50%) mendapatkan pola asuh authoritative dan sebagian besar dari responden yaitu 6 responden (60%) perkembangan membacanya menunjukan independent level. Hasil uji statistik didapatkan p value : 0,025 pada ? : 0,05 karena p value ? ? maka ada Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Membaca Pada Anak Usia 7-8 Tahun di Madrasah Ibtidaiah Bani Ridwan Winongsari Kulon Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.
Perkembangan membaca anak sangat bergantung terhadap pola asuh orang tua dalam mempersiapkan pola asuh bagi pertumbuhan dan perkembangan anak kedepan. Pola asuh orang tua juga menjadi penentu pembentukan karakter, pribadi, dan kebiasaan anak untuk menentukan pilihan dalam kehidupan berprestasi disekolah, Tanpa dorongan dan motivasi orangtua, maka perkembangan prestasi sang anak akan mengalami hambatan dan menurun.

Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Membaca


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
12110259
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous