STUDI HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA GROJOGAN, KECAMATAN BERBEK, KABUPATEN NGANJUK

Record Detail

SKRIPSI 2019

STUDI HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA GROJOGAN, KECAMATAN BERBEK, KABUPATEN NGANJUK

File Attachment

LOADING LIST...

Hipertensi merupakan tekanan darah peristen atau terus menerus sehingga melebihi batas normal dimana tekanan sistolik diatas 140 mmHg dan tekanan diastole diatas 90 mmHg. Tujuan penelitian ini untuk mengklasifikasikan tingkat hipertensi ringan, sedang, berat dan sangat berat pada lansia di desa Grojogan Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah semua lansia di wilayah kerja polindes desa Grojogan berjumlah 44 orang. Pengambilan sampel dengan tehnik purposive sampling sebanyak 24 orang. Variabel penelitian yaitu hipertensi pada lansia. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat hipertensi pada lansia menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian studi hipertensi pada lansia di Desa Grojogan Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Sebanyak 10 responden (42,7 %) mempunyai hipertensi ringan (140/90-159/99 mmHg).
Dapat ditarik kesimpulan bahwa dari 24 responden (100 %) hampir setengahnya mempunyai hipertensi ringan sebanyak 10 responden (41,7 %) dan sebagian kecil yaitu 2 responden (8,3 %) hipertensi sangat berat.
Kata Kunci: Studi, Hipertensi, Lansia


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
12110227
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous