DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RSUD NGANJUK

Record Detail

SKRIPSI 2019

DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RSUD NGANJUK

File Attachment

LOADING LIST...

Penderita Gagal Ginjal Kronik (GGK) harus menjalani terapi hemodialisa seumur hidup. Dukungan keluarga diperlukan agar pasien GGK tetap bersemangat mengikuti terapi hemodialisa, sehingga kualitas hidup pasien selalu terjaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisa di Ruang Hemodialisa RSUD Nganjuk.
Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional.. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2019 di Ruang Hemodialisa RSUD Nganjuk. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisa di Ruang Hemodialisa RSUD Nganjuk selama Bulan Agustus 2019 sejumlah 69 pasien. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling dan diperoleh besar sampel sebanyak 15 responden. Variabel independen adalah dukungan keluarga dan variabel dependen adalah kualitas hidup. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner. Analisa data menggunakan uji Sperman rank.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 responden sebagian besar memiliki dukungan keluarga yang tinggi, yaitu sebanyak 10 responden (66,7%). Sebagian besar memiliki kualitas hidup yang baik, yaitu sebanyak 13 responden (86,7%). Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik didapatkan p-value = 0,008 ? ? (0,05) dengan r = 0,653 sehingga Ha diterima atau H0 ditolak. Menunjukkan Ada hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisa di Ruang Hemodialisa RSUD Nganjuk.
Pasien GGK yang tergantung dengan mesin hemodialisa cenderung merasa hidupnya tidak berarti, sehingga diperlukan dukungan keluarga untuk memberikan semangat hidup. Tenaga kesehatan disarankan untuk memberikan konseling pada keluarga pasien yang mengantar pasien menjalani hemodialisa agar keluarga bersikap sabar dan rela memberikan dukungan yang tulus pada pasien. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kehidupan pasien yang berkualitas.

Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Kualitas Hidup, Gagal Ginjal Kronik


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
12110234
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous