HUBUNGAN SKOR KECEMASAN DENGAN KENAIKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI RW 05 KELURAHAN MANGUNDIKARAN KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK

Record Detail

SKRIPSI 2019

HUBUNGAN SKOR KECEMASAN DENGAN KENAIKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI RW 05 KELURAHAN MANGUNDIKARAN KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK

File Attachment

LOADING LIST...

Kecemasan merupakan satu-satunya factor psikologis yang mempengaruhi hipertensi, pada Lansia yang mengalami kecemasan atau stress psikologis dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini yang menjadi masalah di masyarakat Mangundikaran, dan yang banyak dialami oleh mayoritas usia lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Hubungan Kecemasan dengan Hipertensi pada Lansia.
Desain penelitian menggunakan cross sectional.penelitian ini dilaksanakan tanggal 19-30 september 2016 di RW 5 Kelurahan Mangundikaran Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Populasi adalah semua lansia yang tinggal di RW 5 Kelurahan Mangundikaran, berusia 60 tahun/ lebih yang mengalami tekanan darah tinggi. Sampel sebanyak 32 responden. Sampling menggunakan simple random sampling. Variabel independen adalah kecemasan. Variabel dependen adalah hipertensi. Pengumpulan data dengan skala HARS dan observasi. Analisa data dengan uji statistic spearman dengan ? =. 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Responden yang mengalami kecemasan berat 17 responden (53,1%). Sedangkan yang mengalami Stadium I 11 Responden (34,4%). Uji spearman didapatkan nilai p= 0,032 sehingga Ha diterima.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu ada hubungan antara kecemasan dengan hipertensi pada Lansia.

Kata Kunci: Hipertensi, Kecemasan, Lansia


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
12110279
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous