HUBUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI RAUDATUL ATHFAL BUDI UTOMO DESA KEDUNGOMBO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK

Record Detail

SKRIPSI 2019

HUBUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI RAUDATUL ATHFAL BUDI UTOMO DESA KEDUNGOMBO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK

File Attachment

LOADING LIST...

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang di tujukan untuk anak usia 3 sampai dengan 6 tahun dan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik. Perkembangan kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan anak dalam belajar karena sebagian aktivitas dalam belajar selalu berhubungan dengan masalah berpikir karena menyangkut perkembangan berpikir dan bagaimana kegiatan berpikir atau bekerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan pendidikan anak usia dini dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di desa Kedungombo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian rancangan korelasional dengan pendekatan case control. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 April 2019 di Raudatul Athfal Budi Utomo Desa Kedungombo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Populasinya adalah semua anak di Raudatul Athfal Budi Utomo Desa Kedungombo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk sebanyak 66 responden. Sampel sebanyak 60 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi. Teknik sampling adalah purposive sampling. Variabel independen adalah pendidikan anak usia dini pengumpulan data dengan dokumentasi dan variabel dependen adalah perkembangan kognitif anak prasekolah pengumpulan data menggunakan obseravasi dan wawancara. Uji statistik menggunakan Coefisien Contingency dengan signifikasi ? = 0,05.
Hasil penelitian didapatkan sebagian besar yaitu 47 responden (78,3%) mengikuti pendidikan anak usia dini dan hampir setengah nya yaitu 20 responden (33,3%) berada pada kategori berkembang sesuai harapan. Berdasarkan uji Coefisien Contingency di dapatkan ? value = 0.034 karena ? value ? ? (? = 0.05) maka Ha di terima sehingga ada hubungan pendidikan anak usia dini dengan perkembangan kognitif anak prasekolah di Raudatul Athfal Budi Utomo Desa Kedungombo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk.
Pelaksanaan PAUD sangat bermanfaat bagi perkembangan struktur kognitif, yaitu melalui pemberian kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dari aktifitas pembelajaran yang sesuai.

Kata kunci : pendidikan anak usia dini, perkembangan kognitif, anak prasekolah


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
14110380
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous