DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN JADWAL KONTROL PADA PASIEN GANGGUAN JIWA DI PUSKESMAS KLAGEN SERUT KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN JADWAL KONTROL PADA PASIEN GANGGUAN JIWA DI PUSKESMAS KLAGEN SERUT KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Dalam tatalaksana gangguan jiwa salah satunya dengan melakukan pemeriksaan secara rutin ke pelayanan kesehatan untuk memperoleh terapi psikofarmaka. Perlu dukungan keluarga dalam upaya tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan jadwal kontrol pada pasien gangguan jiwa di Puskesmas Klagen Serut Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.
Desain penelitian adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan tanggal 21 Maret ? 20 April 2019 bertempat di Puskesmas Klagen Serut. Populasi adalah semua keluarga pasien gangguan jiwa di Puskesmas Klagen Serut Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun sebanyak 64 orang. Sampling menggunakan total sampling. Sampel sebanyak 64 responden. Terdapat 2 variabel, variabel independen yaitu dukungan keluarga dan variabel dependen yaitu kepatuhan jadwal kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan coefficient contingency dengan tingkat signifikan ? = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan dari 64 responden sebagian besar memiliki dukungan keluarga yang kurang yaitu sebanyak 36 responden (56,25%) dan sebagian besar responden tidak patuh terhadap jadwal kontrol yaitu sebanyak 37 responden (57,81%). Uji statistik coefficient contingency didapatkan p value = 0,000 ? ? = 0,05 sehingga Ha diterima. Ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan jadwal kontrol pada pasien gangguan jiwa di Puskesmas Klagen Serut Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.
Dukungan keluarga yang kurang akan menyebabkan ketidakpatuhan jadwal kontrol pasien gangguan jiwa. Hal tersebut akan menghambat dari kesembuan pasien gangguan jiwa dan dapat dimungkinkan terjadi kekambuhan yang berulang.

Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Kepatuhan Jadwal Kontrol, Gangguan Jiwa


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201002B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous