HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP REMAJA TENTANG SEKS BEBAS DI SMKN 1 GEMARANG KABUPATEN MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP REMAJA TENTANG SEKS BEBAS DI SMKN 1 GEMARANG KABUPATEN MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Pada kelompok remaja mempunyai fase perkembangan emosi belum stabil dan rasa keingintahuan untuk mencoba hal-hal yang baru semakin tinggi apalagi keingintahuan remaja mengenai seksualitas serta dorongan seksualnya telah menyebabkan remaja melakukan aktivitas seksual dengan lawan jenisnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap remaja tentang seks bebas di SMKN 1 Gemarang Kabupaten Madiun.
Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan tanggal 01 Januari ? 06 Februari 2019 di SMKN 1 Gemarang Kabupaten Madiun. Jumlah populasi sebanyak 208 dengan jumlah sampel sebanyak 136 responden dengan simple random sampling.Variabel independen pengetahuan tentang seks bebas, variabel dependen sikap. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisa data menggunakan uji spearman rank dengan SPSS 18,0 pada ? = 0,05.
Hasil penelitian dari 136 responden, sebagian besar mempunyai pengetahuan tenang seks bebas yaitu 73 responden (53,7%), sedangkan sebagian besar responden mempunyai sikap baik tentang sesk bebas yaitu 71 responden (52,2%). Berdasarkan uji spearman rank didapatkan nilai value = 0,000 pada ? = 0,05 sehingga H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan pengetahuan dengan sikap remaja tentang seks bebas di SMKN 1 Gemarang Kabupaten Madiun
Dari hasil penelitian dapat menjadi data dasar dalam pemberian pendidikan kesehatan kepada anak SMK, pengetahuan responden tentang seks bebas akan memberikan dampak terhadap sikap yang dimilikinya.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, seks bebas.


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201004B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous