PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU (MPASI) DINI DENGAN TERJADINYA DIARE PADA BAYI USIA 0 - 6 BULAN DI POSYANDU DESA BLIMBING KECAMATAN DOLOPO KABUPATEN MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU (MPASI) DINI DENGAN TERJADINYA DIARE PADA BAYI USIA 0 - 6 BULAN DI POSYANDU DESA BLIMBING KECAMATAN DOLOPO KABUPATEN MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Diare merupakan salah satu penyebab kematian bayi. Salah satu faktor penyebab diare adalah pemberian MPASI dini pada bayi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan pemberian makanan pendamping air susu ibu (MPASI) dini dengan terjadinya diare pada bayi usia 0-6 bulan di Posyandu Desa Blimbing Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun.
Desain penelitian adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan tanggal 23 Maret 2019 bertempat di Posyandu Desa Blimbing Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Populasi adalah pasien semua orang tua dan bayi usia 0-6 bulan di Posyandu Desa Blimbing Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun sebanyak 39 orang. Sampling menggunakan purposive sampling. Sampel sebanyak 36 responden. Variabel independen pemberian MPASI dini variabel dependen terjadinya diare. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan coefficient contingency dengan tingkat signifikan ? = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan dari 39 responden Sebagian besar dari responden memiliki memberikan MPASI dini yaitu sebanyak 23 responden (63,89%) dan sebagian besar dari balita responden mengalami diare yaitu sebanyak 27 responden (75%). Uji statistik coefficient contingency didapatkan p value = 0,000 ? ? = 0,05 maka Ha diterima sehingga ada hubungan pemberian makanan pendamping air susu ibu (MPASI) dini dengan terjadinya diare pada bayi usia 0-6 bulan di Posyandu Desa Blimbing Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun.
Pemberian MPASI dini akan menyebabkan diare karena organ pencernaan bayi belum sempurna dan akan mempercepat bayi kontak terhadap kuman dan terjadinya diare.

Kata Kunci : MPASI, Diare, Bayi


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201005B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous