PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI LEMON TERHADAP TINGKAT NYERI PADA PASIEN GASTRITIS DI PUSKESMAS MADIUN KABUPATEN MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI LEMON TERHADAP TINGKAT NYERI PADA PASIEN GASTRITIS DI PUSKESMAS MADIUN KABUPATEN MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Masih tingginya angka kejadian gastritis maka diperlukan penatalaksanaan, salahsatunya aromaterapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian aromaterapi lemon terhadap tingkat nyeri pada pasien dengan gastritis di Puskesmas Madiun Kabupaten Madiun.
Desain penelitian adalah PreTest, PostTest Design Penelitian dilaksanakan tanggal 18-24 Maret 2019 bertempat di Puskesmas Madiun Kabupaten Madiun. Populasi adalah semua pasien dengan gastritis yang berobat di Puskesmas Madiun sebanyak 29 responden. Sampling menggunakan total sampling. Sampel sebanyak 29 responden. Terdapat 2 variabel, variabel independen yaitu pemberian aromaterapi lemon dan variabel dependen yaitu tingkat nyeri pada pasien dengan gastritis. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Uji statistik menggunakan T-test dengan tingkat signifikan ?=0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberi aromaterapi lemon hampir setengahnya 8 responden (27,6%) mengalami nyeri sangat terasa namun bisa ditoleransi dan sesudah diberi aromaterapi lemon hampir setengahnya mengalami tingkat nyeri ringan yang tidak menyenangkan, serta nyeri yang menusuk serta sangat menyedihkan yang masing-masing sebanyak 8 responden (27,6%). Uji T-Test didapatkan p value=0,000??=0,05 maka Ha diterima. Ada pengaruh Pemberian Aromaterapi Lemon Terhadap Tingkat Nyeri Pasien dengan Gastritis Di Puskesmas Madiun Kabupaten Madiun.
Untuk itu pemberian aromaterapi lemon hendaknya bukan hanya diterapkan pada nyeri yang disebabkan oleh penyakit gastritis, tetapi juga pada nyeri yang disebabkan oleh penyakit lain.

Kata Kunci : Pemberian Aromaterapi Lemon, Tingkat Nyeri Pasien dengan Gastritis


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201009B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous