PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS SIMO KECAMATAN BALEREJO KABUPATEN MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS SIMO KECAMATAN BALEREJO KABUPATEN MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Hipertensi bisa kambuh, karena secara keseluruhan hipertensi tidak bisa disembuhkan, namun penatalaksanaan yang tepat hipertensi bisa dikontrol dan dapat mengurangi resiko kekambuhan. Pengetahuan merupakan hasil dari tahu dan terjadi setelah individu melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang hipertensi dengan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di PKM Simo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun.
Penelitian dilaksanakan di PKM Simo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Waktu penelitian bulan 01 Desember sampai dengan 29 Desember tahun 2018. Populasi penelitian ini adalah semua pasien hipertensi yang periksa di PKM Simo yang berjumlah 200 orang. Teknik sampling menggunakan metode aksidental sampling dan sampel penelitian ini adalah sebagian penderita di PKM Simo yang menderita hipertensi (sesuai kriteria inklusi) sebanyak 45 orang. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Spearman Rho dengan ? = 0,05. dibantu dengan software SPSS for windows versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar, yaitu 29 orang (64,4%) responden mempunyai pengetahuan tentang hipertensi dengan kategori baik. Pada umumnya,yaitu 36 orang (80%) responden memiliki kepatuhan dengan kategori tidak patuh. Dari hasil uji statistik Spearman rho ? = 0,014 ? ? = 0,05 sehingga Ha diterima. Hal itu menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan tentang Hipertensi dengan kepatuhan minum obat responden di PKM PKM Simo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun.
Pasien Hipertensi yang ada di PKM Simo Kecamaan Balerejo Kabupaten Madiun, pada umumnya menyadari bahwa dirinya masih belum patuh untuk minum obat hipertensi sesuai arahan petugas kesehatan. Hal ini, disebabkan karena proses penyembuhan penderita Hipertensi tergolong cukup lama, sehingga membuat penderita hipertensi merasa jenuh untuk melakukan pencegahan kekambuhan hipertensi dan menggunakan obat secara teratur.

Kata kunci : pengetahuan, hipertensi, kepatuhan minum obat


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201010B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous