HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG CEMARA RSUD CARUBAN KABUPATEN MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG CEMARA RSUD CARUBAN KABUPATEN MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Tuntutan masyarakat akan pelayanan keperawatan semakin tinggi, menuntut perawat harus mampu bersaing dengan memberikan jasa layanan yang berkualitas. Kualitas kepuasan pasien dan kualitas pelayanan keperawatan mempunyai hubungan yang erat, dimana jika kepuasan pasien tinggi maka rangkaian dari kualitas layanan yang dirasakan sesuai dengan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Ruang Cemara RSUD Caruban kabupaten madiun.
Desain penelitian korelasi dengan pendekatannya cross sectional. Penelitian dilakukan tanggal 20 Agustus ? 18 September 2018, jumlah populasi 152 pasien, sampel 143 responden dengan teknik accidental sampling. Variabel independen kualitas pelayanan keperawatan, variabel dependen kepuasan pasien. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisa data uji spearman rank dengan SPSS (nilai ? = 0,05).
Hasil penelitian dari 143 responden sebagian besar pelayanan keperawatan dalam kategori cukup yaitu 90 responden (63%) dan hampir seluruhnya menyatakan kepuasannya dalam kategori cukup yaitu 127 responden (89%). Uji spearman rank nilai ? value = 0,003 ? ? = 0,05 dan nilai r = 0,245 sehingga Ha diterima dan ada hubungan kulitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Cemara RSUD Caruban Kabupaten Madiun dengan tingkat hubungan rendah.
Kepuasan pasien dan kualitas pelayanan keperawatan mempunyai hubungan yang erat. Kepuasan pasien akan kualitas pelayanan keperawatan sebagai bukti evaluasi terkait yang telah dilakukan oleh perawat. Seperti pencegahan terjadinya insiden keselamatan pasien, respon time terkait keluhan pasien serta komunikasi kepada pasien. Disisi lain kepuasan pasien akan terbentuk dari fasilitas yang di sediakan serta ketrampilan yang dimiliki.



Kata kunci : kualitas pelayanan keperawatan, kepuasan pasien


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201014B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous