DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI RUANG RAWAT INAP CEMARA RSUD CARUBAN MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI RUANG RAWAT INAP CEMARA RSUD CARUBAN MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Diabetes melitus tipe II merupakan penyakit yang kronis dan dapat terjadi komplikasi, seperti ulkus diabetikum. Hal tersebut memicu masalah psikologis yaitu stres. Diperlukan dukungan keluarga dalam menurunkan tingkat stres. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stres pada pasien diabetes melitus tipe II di Ruang Rawat Inap Cemara RSUD Caruban Madiun.
Desain penelitian adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan tanggal 31 Desember 2018 ? 30 Januari 2019 bertempat di Ruang Rawat Inap Cemara RSUD Caruban Madiun. Populasi adalah semua pasien diabetes mellitus tipe II di Ruang Rawat Inap Cemara RSUD Caruban Madiun sebanyak 65 pasien dalam 1 bulan. Sampling menggunakan accidental sampling. Sampel sebanyak 63 responden. Terdapat 2 variabel, variabel independen yaitu dukungan keluarga dan variabel dependen yaitu tingkat stres. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan spearman rank dengan tingkat signifikan ? = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan dari 63 responden Sebagian besar memiliki dukungan keluarga yang baik yaitu sebanyak 37 responden (58,73%) dan hampir setengahnya memiliki tingkat stres ringan yaitu 30 responden (47,62%). Uji statistik spearman rank didapatkan p value 0,000 ? ? = 0,05 dan r = 0,615 sehingga Ha diterima. Ada hubungan dukungan keluarga dengan stress pada pasien diabetes mellitus tipe II di Ruang Rawat Inap Cemara RSUD Caruban Madiun dengan korelasi kuat.
Dukungan keluarga yang baik akan memberikan motivasi kepada pasien diabetes melitus sehingga akan bersemangat menjalani pengobatan dan berdampak terhadap penurunan tingkat stresnya.

Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Tingkat Stres, Diabetes Melitus Tipe II


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201017B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous