PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KESELAMATAN PASIEN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PETUGAS KESEHATAN DI PUSKESMAS BALEREJO KABUPATEN MADIUN.

Record Detail

SKRIPSI 2019

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KESELAMATAN PASIEN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PETUGAS KESEHATAN DI PUSKESMAS BALEREJO KABUPATEN MADIUN.

File Attachment

LOADING LIST...

Keselamatan pasien dipelayanan kesehatan merupakan faktor yang sangat penting yang harus diterapkan secara menyeluruh. Sosialisasi yang kurang dan tidak pahamnya membuat petugas kesehatan kurang paham terkait implementasi keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang keselamatan pasien terhadap tingkat pengetahuan petugas kesehatan di Puskesmas Balerejo Kabupaten Madiun
Desain penelitian ini adalah pra eksperiment dengan pendekatan one group pre and post test design. Penelitian ini dilakukan tanggal 07 ? 08 September 2018 di Puskesmas Balerejo. Jumlah populasi sebanyak 59, dengan jumlah sampel sebanyak 51 responden dengan teknik purposive sampling. Variabel independen pendidikan kesehatan, variabel dependen pengetahuan. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisa data menggunakan uji wilcoxone dengan SPSS 18,0 pada ? = 0,05.
Hasil penelitian dari 51 responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar mempunyai pengetahuan cukup yaitu 35 responden (68,6%) dan setelah dilakukan pendidikan kesehatan sebagian besar mempunyai pengetahuan baik yaitu 36 responden (70,6%). Berdasarkan uji wilcoxone didapatkan nilai value = 0,000 pada ? = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang keselamatan pasien terhadap tingkat pengetahuan petugas kesehatan.
Pemberian pendidikan kesehatan yang dilakukan oleh peneliti, merupakan modal awal untuk menerapkan kebijakan keselamatan pasien. Di butuhkan kerjasama yang baik antara pihak managemen dengan bawahan, sehingga keselamatan pasien benar-benar bisa di terapkan.

Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Keselamatan Pasien, Pengetahuan, petugas kesehatan


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201022B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous