APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA TODDLER DI PLAY GROUP PERMATA BUNDA DESA BLIMBING KECAMATAN DOLOPO MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA TODDLER DI PLAY GROUP PERMATA BUNDA DESA BLIMBING KECAMATAN DOLOPO MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Stimulus tumbuh kembang anak dapat dilakukan dengan cara memberikan permainan atau bermain, mengingat dengan bermain anak akan belajar dari kehidupannya. Ketika anak telah memasuki masa bermain atau disebut juga sebagai masa toddler, maka anak selalu membutuhkan kesenangan pada dirinya Salah satu stimulus yang dapat diberikan adalah dengan bermain menggunakan APE ( Alat Permainan Edukatif ), yang berfungsi untuk merangsang daya imajinasi anak dalam proses perkembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan APE ( Alat Permainan Edukatif ) dengan perkembangan motorik anak usia toddler di Play Group Permata Bunda Desa Blimbing Kecamatan Dolopo Madiun.
Desain penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan case control. Penelitian dilakukan pada tanggal 2 sampai 5 Januari 2019. Populasi pada penelitian ini adalah semua orang tua dan anak usia toddler di Play Group Permata Bunda Desa Blimbing Kecamatan Dolopo Madiun sebanyak 36 responden. Sampel pada penelitian ini adalah semua orang tua dan anak usia toddler sebanyak 36 responden. Sampling yang digunakan adalah total sampling. Variabel independen pada penelitian ini adalah APE ( Alat Permainan Edukatif ) dan variabel dependennya adalah perkembangan motorik anak usia toddler. Pengumpulan data dengan cara wawancara menggunakan KPSP, dengan menggunakan uji statistik koefisien kontigensi dengan ? = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa dari 36 responden mempunyai kategori baik dalam pemberian APE, sebanyak 33 responden (91.7%), hampir seluruh responden mempunyai kategori sesuai dalam perkembangan motorik, sebanyak 33 responden (91.7%), dengan p value = 0,000 ? ? 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Saraf motorik halus dapat dilatih dan dikembangakan melalui kegiatan dan rangsangan yang kontinu secara rutin, salah satu stimulus yang dapat diberikan adalah dengan bermain menggunakan alat permainan edukatif (APE).


Kata Kunci : APE, Anak Usia Toddler, Perkambangan Motorik.


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201024B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous