PENGARUH TERAPI PERMAINAN LEGO TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK PRA SEKOLAH AKIBAT HOSPITALISASI DI RUANG PALEM RSUD CARUBAN KABUPATEN MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

PENGARUH TERAPI PERMAINAN LEGO TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK PRA SEKOLAH AKIBAT HOSPITALISASI DI RUANG PALEM RSUD CARUBAN KABUPATEN MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Hospitalisasi menimbulkan kondisi krisis pada anak pra sekolah ketika dirawat dirumah sakit yang dapat menimbulkan kecemasan. Terapi permainan lego merupakan salah satu cara untuk mengurangi kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh permianan lego terhadap tingkat kecemasan anak pra sekolah akibat hospitalisasi di Ruang Palem RSUD Caruban Kab. Madiun.
Desain penelitian pra eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test design. Penelitian dilaksanakan di Ruang Palem RSUD Caruban Kab. Madiun pada tanggal 3 September ? 3 Oktober 2018. Populasi semua anak pra sekolah di ruang palem RSUD Caruban rata-rata perbulan 45 anak. Sampel 23 anak yang memenuhi kriteria inklusi selama 1 bulan. Variabel independen terapi permainan lego dan variabel dependennya tingkat kecemasan.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan anak sebelum terapi permainan lego sebanyak 13 responden (57%) berada pada tingkat kecemasan berat dan sesudah terapi permainan lego sebanyak 14 responden (61%) berada pada tingkat kecemasan ringan. Penelitian ini menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test, nilai p value = 0,000 ? ? = 0,05 sehingga Ho ditolak dan HI diterima yang artinya ada pengaruh terapi permainan lego terhadap tingkat kecemasan anak pra sekolah akibat hospitalisasi di Ruang Palem RSUD Caruban Kab. Madiun.
Disarankan kepada perawat dan rumah sakit untuk menerapkan tindakan atraumatik dengan terapi bermain, pada waktu merawat pasien anak.
Kata Kunci : Terapi Bermain, Lego, Kecemasan, Anak Pra Sekolah


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201025B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous