HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG DIARE DENGAN TERJADINYA DIARE DI POSYANDU BALITA KASUN II BANYUKAMBANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS WONOASRI MADIUN

Record Detail

SKRIPSI 2019

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG DIARE DENGAN TERJADINYA DIARE DI POSYANDU BALITA KASUN II BANYUKAMBANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS WONOASRI MADIUN

File Attachment

LOADING LIST...

Salah satu faktor yang mempengaruhi kejadian diare pada anak adalah faktor lingkungan dan pengetahuan ibu karena pengetahuan menentukan perilaku kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang diare dengan terjadinya diare di Posyandu Balita Kasun II Desa Banyukambang Wilayah Kerja Puskesmas Wonoasri Madiun.
Desain penelitian adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan tanggal 11 Desember 2018 bertempat di Posyandu Balita Kasun II Desa Banyukambang Wilayah Kerja Puskesmas Wonoasri Madiun. Populasi adalah semua ibu balita di Posyandu Balita Kasun II Desa Banyukambang Wilayah Kerja Puskesmas Wonoasri Madiun sebanyak 37 responden. Sampling menggunakan purposive sampling. Sampel sebanyak 36 responden. Terdapat 2 variabel, variabel independen yaitu pengetahuan dan variabel dependen yaitu riwayat terjadinya diare. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan coefficient contingency dengan tingkat signifikan ? = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan dari 36 responden sebagian besar memiliki pengetahuan yang kurang tentang diare yaitu sebanyak 21 responden (58,33%) dan sebagian besar dari balita responden mengalami diare yaitu sebanyak 27 responden (75%). Uji statistik coefficient contingency didapatkan p value 0,000 ? ? = 0,05 sehingga Ha diterima. Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang diare dengan terjadinya diare di Posyandu Balita Kasun II Desa Banyukambang Wilayah Kerja Puskesmas Wonoasri Madiun.
Pengetahuan yang kurang sebagian besar repsonden tentang diare membuat perilaku responden menjadi salah. Responden cenderung tidak peduli terhadap kebersihan, terutama kebersihan alat makan dan minum balita sehingga memicu terjadinya diare pada balita.

Kata Kunci : Pengetahuan, Diare, Balita


Detail Information

Item Type
Associate’s Degree
Student ID
201714201026B
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Departement
S1 KEPERAWATAN
Copyright
STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
Doi




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous