SKRIPSI 2019
HUBUNGAN STIMULASI ORANGTUA (IBU) DENGAN KEMANDIRIAN ANAK PRA SEKOLAH USIA 3-4 TAHUN DI PAUD AN-NIDA KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK
File Attachment
Kurangnya keterampilan orangtua (ibu) dalam memberikan stimulasi dapat berakibat terhambatnya perkembangan kemandirian anak pra sekolah usia 3 dan 4 tahun menjadi kurang sesuai kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan stimulasi orangtua (ibu) dengan kemandirian anak pra sekolah usia 3-4 tahun di PAUD An-Nida Kecamatan Rejoso.
Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18-20 Februari 2019 di PAUD An-Nida Kecamatan Rejoso. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu dan anak pra sekolah usia 3-4 tahun yang berjumlah 36 ibu dan anak. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, besar sampel sebanyak 34 orang. Variabel independennya stimulasi orangtua (ibu) dan variabel dependennya kemandirian anak usia pra sekolah. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisa data menggunakan Spearman Rank dengan ? = 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 34 responden ibu, hampir seluruhnya yaitu sebanyak 24 responden (70,6%) memiliki stimulasi yang baik dan anak pra sekolah yang memiliki perkembangan kemandirian yang tinggi setengahnya yaitu 17 responden (50,0%). Hasil uji korelasi menunjukkan p-value = 0,001 ( p-value ? ?), sehingga Ha diterima.
Ada hubungan stimulasi orangtua (ibu) dengan kemandirian anak pra sekolah usia 3-4 tahun di PAUD An-Nida Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Disarankan agar orang tua (ibu) untuk mengimplementasikan stimulasi pada anak sesuai dengan perkembangan usianya. Orangtua (ibu) disarankan berkonsultasi dengan guru sekolah PAUD agar dalam memberikan stimulasi di rumah dapat sinergis dengan kurikulum pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci : Stimulasi Orangtua, Kemandirian, Anak Pra Sekolah Usia 3-4 Tahun.